Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
jojoderadon

jojoderadon

jojoderadon

Kabupaten Lumajang Memperoleh Penghargaan Nirwasita

Wisata Kabupaten Lumajang - Penghargaan untuk penghargaan tingkat nasional selalu dicapai oleh Kabupaten Lumajang. Dalam peluang ini, tempat wisata di Lumajang Jawa Timur Kabupaten Lumajang terima penghargaan Nirwasita Tantra Award th. 2016. 

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Kehutanan serta Lingkungan Hidup RI, DR. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M. Sc pada Bupati Lumajang, Drs. As’at, M. Ag waktu Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia (World Environmet Days) Tingkat Nasional Th. 2016 yang mengambil topik “Selamatkan Tumbuhan serta Satwa Liar untuk Kehidupan” di halaman Istana Kabupaten Siak, Indrapura, Propinsi Riau, Jum’at, (22/7/2016). 

Nirwasita Tantra Award adalah penghargaan paling tinggi bagian Lingkungan Hidup (LH) yang didapatkan pemerintah pusat pada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan serta mengaplikasikan kebijakan, serta/atau program kerja sesuai sama prinsip metodologi pembangunan berkepanjangan gunamemperbaiki kwalitas lingkungan hidup di daerahnya. 

Kabupaten Lumajang tempati urutan ke empat peraih penghargaan itu untuk tingkat Kabupaten dengan urutan pertama Kabupaten Buleleng, ke-2 Kabupaten Dharmasraya, serta ketiga Kabupaten Bandung sebagai nomine nasional. Sesaat untuk tingkat Kota, peringkat pertama yaitu Kota Surabaya, disusul peringkat ke-2 oleh Kota Balikpapan. 

Bupati As’at menjelaskan, kalau kesuksesan mencapai penghargaan ini karena pihaknya senantiasa memprioritaskan pendekatan partisipatoris serta kultural. " Kami tak memaksakan fikiran kami pada orang-orang, namun orang-orang kita ajak bicara serta turut dilibatkan dalam pengambilan kebijakan. Masukan orang-orang senantiasa kami cermati serta dikawal, termasuk juga masalah lingkungan hidup, " tuturnya di lobi Pemkab. 

Satu diantara contoh usaha partisipatoris yaitu program penanaman pohon, lantaran berguna untuk orang-orang, dan tindakan bersih " Sapu Gunung " yang juga dikerjakan untuk tiap-tiap tahunnya untuk melindungi lingkungan tetaplah lestari. Akhirnya, mulai sejak 2010, Jawa timur rajin mencapai prestasi penanaman pohon dalam Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon. 

" Untuk menyukseskan pembangunan lingkungan hidup, kami lakukan semua usaha. Mulai membuat grup kerja tingkat kabupaten, sosialisasi program serta aktivitas melaui SKPD berkaitan, serta mobilisasi seluruh sumber daya, dan mengajak organisasi orang-orang, lembaga/instansi, instansi pendidikan serta TNI/Polri, sampai menanamkan kesadaran orang-orang pada utamanya menanam tanaman kehutanan/tahunan manfaat mensupport pendapatan serta lingkungan, tersebut bentuk usaha partisipatoris kami, ” katanya.

Share this post

Repost 0

Comment on this post